Pemain Asing Paling Setia Di Klub Liga 1 2022, Wiljam Pluim hingga Nick Kuipers

- Selasa, 29 November 2022 | 22:11 WIB
Bek Persib Bandung asal Belanda, Nick Kuipers (Foto: Tangkapan layar Instagram Nick Kuipers)
Bek Persib Bandung asal Belanda, Nick Kuipers (Foto: Tangkapan layar Instagram Nick Kuipers)

JAKNET -- Menjadi pemain sepakbola yang loyal untuk timnya menjadi dambaan bagi para bintang lapangan hijau. Namun semua itu tergantung pada performa yang mereka tunjukan.

Di kancah sepakbola Indonesia sendiri sudah banyak pemain asing yang keluar-masuk. Meski ada yang pernah berkarier di klub top Eropa, tidak menjamin bisa tampil memukau di Indonesia. Sehingga pelatih harus mendepaknya lantaran tidak banyak berkontribusi.

Tetapi ada pula pemain yang memutuskan hengkang dan tak lagi berkarier di Indonesia, tetapi memilih mencari menit bermain di negara lainnya.

Ya, tidak banyak pemain asing bisa eksis di kompetisi teratas sepakbola Indonesia. Apalagi setia bermain untuk satu klub. Namun berbeda dengan Wiljan Pluim. Pemain berdarah belanda ini menjadi pemain asing paling lama bermain bersama satu klub Liga 1.

Wiljan Pluim 6 Musim Bersama PSM 

Wiljan Pluim memperkuat PSM Makassar sejak 2016 dan berhasil mempersembahkan gelar jaura Piala Indonesia 2019. Pada akhir turnamen Indonesia Soccer Champhionship (ISC) 2016, pemain berusia 33 tahun itu menjadi satu-satunya legiun asing yang dipertahankan PSM Makassar.

Pemain berusia 33 tahun itu tidak menutup kemungkinan bakal gantung sepatu di PSM Makassar.

Selama 6 tahun lebih bersama PSM, Wiljan Pluim bermain 145 laga di semua kompetisi. Total Pluim mencetak 38 gol dan 41 assist.

 Brwa Nouri (Bali United)

Halaman:

Editor: Novie Rachmayanti

Tags

Terkini

Romelu Lukaku Ogah Kembali ke Chelsea

Senin, 2 Januari 2023 | 07:30 WIB
X