• Kamis, 8 Desember 2022

Shinzo Abe Meninggal Usai Ditembak, Kishida: Penembakan Ini Sebagai Serangan Terhadap Fondasi Demokrasi

- Jumat, 8 Juli 2022 | 22:29 WIB
Penembak mantan perdana menteri jepang ditangkap di lokasi kejadian (Tangkapan layar NHK News)
Penembak mantan perdana menteri jepang ditangkap di lokasi kejadian (Tangkapan layar NHK News)

JAKNET --- Setelah dirawat beberapa jam di salah salah satu rumah sakit di kota Kashihara, mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akhirnya meninggal pada usia 67 tahun. 

Dirinya ditembak dalam serangan yang benar-benar brutal saat berpidato pada acara kampanye politik di kota Nara, Jepang bagian barat, Jumat 8 Juli 2022.

Dokter mengatakan Shinzo Abe mendapat dua luka tembak di sisi kanan leher dan dada yang cukup dalam, hingga mencapai jantung. Tim yang terdiri dari 20 dokter berupaya menyelamatkan nyawanya, namun setelah pukul 17.00 waktu setempat Shinzo Abe dinyatakan meninggal dunia.

Adalah Tetsuya Yamagami seorang veteran angkatan laut, ditangkap di lokasi kejadian. Menurut polisi pria berusia 41 tahun itu mengaku memang berniat membunuh Shinzo Abe lantaran tak puas dengan pemerintahan mantan perdana menteri Jepang itu. 

Baca Juga: DPR Minta Kementerian ATR / BPN Menjelaskan Dugaan 300 Sertifikat Palsu yang Dibagikan Jokowi 

Menurut saksi mata saat itu Shinzo Abe akan mulai berpidato ketika Tetsuya Yamagami mendekatinya dari belakang dan melepaskan dua tembakan. 

Mengutip siaran NHK, Perdana Menteri Fumio Kishida menyebut penembakan tersebut sebagai serangan terhadap fondasi demokrasi. Perbuatan yang keji, barbar, jahat, dan benar-benar tak dapat dimaafkan. 

"Saya ingin menggunakan kata-kata paling ekstrim untuk mengutuk tindakan ini," katanya.

Peristiwa ini merupakan akhir yang tragis bagi Shinzo Abe. Terjadi di negara yang tingkat kejahatannya rendah dan memiliki undang-undang ketat soal kepemilikan senjata api.***

Halaman:

Editor: Nurcholis Anhari Lubis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Tiba di Moskow, Misi Perdamaian Berlanjut

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:58 WIB

Rektor Paramadina Puji Misi Perdamaian Jokowi

Kamis, 30 Juni 2022 | 12:14 WIB
X