• Kamis, 6 Oktober 2022

Indonesia Dorong Upaya Penanggulangan Terorisme Lewat Forum Global

- Kamis, 22 September 2022 | 19:47 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pada Pertemuan Tingkat Menteri Global Counter-terrorism Forum (GCTF) ke-12 di New York. (Foto: Kemenlu)
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pada Pertemuan Tingkat Menteri Global Counter-terrorism Forum (GCTF) ke-12 di New York. (Foto: Kemenlu)

JAKNET --- Untuk mengatasi ancaman terorisme yang semakin menguat saat ini, apalagi sudah mulai merambah ke dunia maya, dibutuhkan strategi yang mesti diatur ulang kembali guna menanggulanginya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pada Pertemuan Tingkat Menteri Global Counter-terrorism Forum (GCTF) ke-12 di New York, Amerika Serikat, pada Rabu, 21 September 2022.

"Kita perlu mengatur ulang strategi penanggulangan terorisme untuk atasi ancaman saat ini dan masa depan," katanya.

Menurutnya diperlukan pengelolaan ancaman terorisme yang lebih baik, melibatkan pemerintah dan masyarakat melalui pendekatan yang inklusif kepada seluruh masyarakat.

Baca Juga: Menpora Minta Timnas Indonesia Bermain Maksimal di Fifa World Cup U-20 2023

Selain itu Menlu Retno juga menyampaikan tiga saran prioritas bagi Global Counter-terrorism Forum (GCTF) di masa depan.

Pertama, penguatan kerja sama dengan para ahli bidang teknologi guna memperkuat upaya pencegahan penggunaan teknologi informasi untuk aksi terorisme.

Kemudian pentingnya penguatan upaya memutus rantai pendanaan terorisme, termasuk dengan merespons berbagai tren baru seperti penggunaan mata uang virtual.

Menurut Menlu Retno dibutuhkan kerja sama antar-Financial Intelligence Units (FIUs) dengan sektor perbankan dan institusi keuangan lainnya untuk mencegah pendanaan terorisme.

Halaman:

Editor: Nurcholis Anhari Lubis

Tags

Terkini

Jokowi Tiba di Moskow, Misi Perdamaian Berlanjut

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:58 WIB

Rektor Paramadina Puji Misi Perdamaian Jokowi

Kamis, 30 Juni 2022 | 12:14 WIB
X