• Kamis, 6 Oktober 2022

Solusi Kurangi Kemacetan di Ruas Jalan Transyogi, Mulai Besok Ada Uji Rekayasa Lalin

- Minggu, 18 September 2022 | 22:14 WIB
Kemacetan di salah satu ruas jalan jalur Transyogi. (Tangkapan layar Twitter @ayudyagie)
Kemacetan di salah satu ruas jalan jalur Transyogi. (Tangkapan layar Twitter @ayudyagie)

JAKNET --- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan uji coba Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) di ruas Jalan Transyogi, Kabupaten Bogor mulai besok, Senin 19 September sampai dengan Jumat 23 September 2022.

Uji coba tersebut bertujuan untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, dan Jakarta Timur, khususnya di segmen U-Turn dekat Kota Wisata Cibubur

Instansi yang terlibat dalam rekayasa tersebut antara lain Polres Kabupaten Bogor, Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kementerian PUPR wilayah DKI Jakarta-Jawa Barat.

Hal tersebut dikemukakan Direktur Lalu Lintas BPTJ, Sigit Irfansyah dalam keterangan resminya, Sabtu 18 September 2022.

Baca Juga: Jakarta akan Bangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Terminal Grogol dan Pulogebang

"Penutupan U-Turn ini sifatnya sementara dan akan dianalisis serta dievaluasi bersama-sama untuk kemudian diambil kesimpulan sejauh mana penutupan U-Turn 2 efektif diterapkan sebagai metode MRLL di kawasan ini," katanya.

Menurut Sigit pihaknya telah melakukan analisa terhadap tiga skenario untuk mengoptimalkan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) tersebut.

Berdasarkan hasil analisa data before dan after (secara sistem) yang telah dilakukan, telah dibuat tiga skenario. 

Berdasarkan hasil simulasi tiga skenario tersebut, dinilai skenario optimal adalah melakukan penutupan U-Turn 2 (Al-Azhar) dengan memaksimalkan penggunaan U-Turn 1 (Cikeas) dan U-Turn 3 (SPBU).

Halaman:

Editor: Nurcholis Anhari Lubis

Tags

Terkini

X