• Jumat, 9 Desember 2022

Pertama di Indonesia, Anies Baswedan Resmikan 4 Sekolah Net Zero Carbon Senilai Rp126 Miliar

- Rabu, 28 September 2022 | 20:27 WIB
Anies Baswedan resmikan sekolah Net Zero Carbon  yang berkonsep Green Building, Rabu 28 September 2022. (Foto: Pemprov DKI)
Anies Baswedan resmikan sekolah Net Zero Carbon yang berkonsep Green Building, Rabu 28 September 2022. (Foto: Pemprov DKI)

JAKNET --- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan empat Sekolah Net Zero Carbon atau nol emisi karbon yang berkonsep green building di SDN Ragunan 08, Jakarta Selatan, Rabu, 28 September 2022.

Keempat sekolah yang dibangun menggunakan APBD senilai Rp126 milar tersebut, yakni SDN Duren Sawit 14, Jakarta Timur, SDN Grogol Selatan 09, Jakarta Selatan, SDN Ragunan 08 Pagi, 09 Pagi, 11 Petang, Jakarta Selatan, dan SMAN 96 Jakarta, Jakarta Barat.

Bangunan dengan konsep Net Zero Carbon ini adalah bangunan yang hemat energi saat beroperasi dan sebagian besar kebutuhan energinya dipasok dari sumber energi terbarukan. Sehingga, secara emisi karbon yang dihasilkan sangat minim.

Menurut Anies Baswedan sekolah yang mengusung konsep green building dan net zero emissions ini merupakan hal yang pertama di Indonesia.

Baca Juga: Teruntuk Warga Jabodetabek, Catat Mulai 5 Oktober Tak Bisa Nonton Siaran TV Analog

“Ini menjadi tempat pertama sekolah negeri yang mengusung konsep green building dan net zero emissions,” katanya.

Anies menuturkan bahwa sebuah bangunan yang diberi label sekolah merupakan tempat interaksi peserta didik, pendidik dan juga orang tua. 

Apabila bangunan sekolah dirancang dengan benar, maka akan membuat proses pembelajaran dapat berjalan lebih baik dan menyenangkan.

Anies berharap bangunan sekolah berkonsep green building ini akan menjadi media edukasi langsung untuk anak-anak agar mereka memiliki gambaran terkait bangunan yang ramah lingkungan.

Halaman:

Editor: Nurcholis Anhari Lubis

Tags

Terkini

Sah! APBD DKI Tahun 2023 Sebesar Rp 83,781 Triliun

Selasa, 29 November 2022 | 17:28 WIB
X