Update Terbaru, Ini Daftar 32 Obat Sirup yang Dilarang BPOM

- Rabu, 7 Desember 2022 | 20:06 WIB
BPOM kembali merilis daftar terbaru obat sirup yang dilarang peredarannya. (Foto: BPOM)
BPOM kembali merilis daftar terbaru obat sirup yang dilarang peredarannya. (Foto: BPOM)

JAKNET -- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali merilis daftar terbaru 32 obat sirup yang dicabut izin edarnya karena terdapat kadar cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol yang melebihi ambang batas aman asupan harian/Tolerable Daily Intake (TDI) 0,5 mg/kg berat badan/hari, pada Rabu, 7 Desember 2022.

Penarikan izin edar 32 obat sirup tersebut berdasarkan hasil pengujian sampel produk obat sirup dan bahan tambahan yang digunakan, serta pemeriksaan lebih terhadap sarana produksi.

Baca Juga: Kapolri: Agus Sujatno Pelaku Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Terafiliasi Jaringan JAD Bandung

Produk 32 obat sirup yang ditarik izin edarnya tersebut merupakan produksi PT Rama Emerald Multi Sukses (PT REMS) yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur.

Hasil uji bahan baku Propilen Glikol yang digunakan dalam obat sirup industri farmasi tersebut menunjukan kadar EG 33,46 persen dan DEG 5,94 persen. 

Angka tersebut melebihi ambang batas persyaratan cemaran EG/DEG (tidak lebih dari 0,1 %) serta kadar EG dan/atau DEG dalam sirup obat 1,28-443,66 mg/ml yang melebihi ambang batas aman.

Baca Juga: BPOM Musnahkan Ratusan Ribu Obat Sirup yang Tercemar Etilen Glikol dan Dietilen Glikol

Berdasarkan pemeriksaan lebih lanjut ke sarana produksi PT Rama Emerald Multi Sukses (PT REMS) BPOM menemukan ketidaksesuaian dalam penerapan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). 

Akibatnya BPOM menetapkan sanksi administratif dengan pencabutan seluruh izin edar produk obat sirup (32 produk) produksi PT Rama Emerald Multi Sukses (PT REMS).

Halaman:

Editor: Nurcholis Anhari Lubis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Imlek, Dishub DKI Tiadakan Car Free Day Minggu Besok

Sabtu, 21 Januari 2023 | 10:57 WIB
X