• Kamis, 6 Oktober 2022

Mabes Polri Siap Bantu KPK Tangani Kasus Korupsi Gubernur Papua

- Rabu, 21 September 2022 | 12:47 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

JAKNET  - - - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyatakan kesiapannya untuk membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam proses penanganan kasus yang melibatkan Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Kesiapan tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Markas Besar (Mabes) Polri, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Nurul Azizah, seperti dikutip dari laman Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Jaya), Rabu, 21 September 2022.

Nurul mengungkapkan jika kepolisian selalu bersedia membantu instansi terkait dalam penanganan kasus tindak pidana, termasuk KPK. Menurutnya pada hakikatnya Polri senantiasa memberikan bantuan. 

“Apabila dibutuhkan oleh instansi terkait," ujarnya.

Seperti diberitakan, Lukas Enembe telah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK. Gubernur Papua itu diduga menerima gratifikasi sebesar Rp1 miliar. Lukas telah dipanggil KPK untuk diperiksa sebagai tersangka pada Senin, 12 September 2022. Namun politisi Partai Demokrat itu tidak memenuhi panggilan untuk menjalani pemeriksaan yang diagendakan akan dilakukan di Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob), Kepolisian Daerah (Polda) Papua.

Lukas juga sempat memohon izin untuk berobat ke luar negeri setelah ditetapkan KPK sebagai tersangka. Namun Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menolak memberikan izin tersebut. Menurut Alexander, Lukas seharusnya memaksimalkan fasilitas pengobatan yang ada di dalam negeri terlebih dahulu. Penolakan itu ditegaskan Alexander di kantornya, Rabu, 14 September 2022. Alexander yakin jika Indonesia tidak kekurangan dokter yang hebat. ***

Editor: Yudhi Bramanto

Tags

Terkini

Penyelundupan Narkoba Lewat Jalur Laut Digagalkan TNI-AL

Jumat, 16 September 2022 | 14:48 WIB
X