Dua Korporasi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terkait Kasus Ganjal Ginjal Akut pada Anak

- Kamis, 17 November 2022 | 18:25 WIB
Bareskrim tetapkan PT Afi Firma dan CV Samudra Chemical sebagai tersangk. (Foto: PMJ News)
Bareskrim tetapkan PT Afi Firma dan CV Samudra Chemical sebagai tersangk. (Foto: PMJ News)

JAKNET --- Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menetapkan PT Afi Firma dan CV Samudra Chemical sebagai tersangka kasus gagal ginjal akut, Kamis, 17 November 2022.

Kedua korporasi ini diduga melakukan tindak pidana memproduksi obat atau mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan, khasiat/kemanfaatan dan mutu.

Melansir laman Polda Metro Jaya, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, penetapan tersebut dilakukan setelah penyidik memeriksa puluhan orang sebagai saksi dan ahli.

"31 orang saksi dan 10 ahli," katanya.

Baca Juga: Jokowi Sebut Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 di Ibu Kota Nusantara

Menurutnya modus PT Afi Firma dengan sengaja tidak melakukan pengujian terhadap bahan tambahan PG yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) melebihi ambang batas.

PT Afi Firma hanya menyalin data yang diberikan oleh supplier tanpa melakukan pengujian dan quality control untuk memastikan bahan tersebut dapat digunakan untuk produksi.

Dedi menambahkan PT Afi Firma diduga mendapatkan bahan baku tambahan dari CV Samudra Chemical, yang 

setelah dilakukan uji lab oleh Puslabfor Polri bahan baku tersebut mengandung Etilen Glikol (EG) yang melebihi ambang batas.

Halaman:

Editor: Nurcholis Anhari Lubis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X