Pengamat Nilai Laksamana Yudo Bakal Jadi Panglima TNI Gantikan Jenderal Andika

- Selasa, 22 November 2022 | 22:47 WIB
 Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (Foto: Dispen TNI AL)
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (Foto: Dispen TNI AL)

JAKNET -- Pengamat militer dan pertahanan dari Indonesia Defense Strategic Forum (IDFS), Septiawan menilai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bakal menduduki posisi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Menurut Septiawan ada beberapa alasan mengapa Yudo Margono bakal mengisi jabatan Panglima TNI setelah Jenderal Andika Perkasa pensiun. Pertama, matra Angkatan Laut (AL) belum diberikan kesempatan memimpin TNI.

"Sehingga saat ini waktunya yang tepat untuk mengangkat Yudho Margono memimpin TNI," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 22 November 2022.

Kedua, secara geopolitik indonesia perlu memperkuat kedaulatan laut terutama memperkuat strategi pertahanan maritimnya.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: FIFA Paksa Hapus "Love" di Jersey Timnas Belgia

Kemudian sebagai seorang Kepala Staf TNI AL, Yudho Margono sangat cocok dan sesuai dengan konstalasi politik internasional.

Septiawan menambahkan, secara profesional Laksamana Yudo Margono dalam membangun kekuatan matra laut sangat konsen terhadap profesionalisme prajuritnya, sampai dengan saat ini bisa dipastikan setiap bulan ada latihan, baik yang dilaksanakan secara internal matra maupun latihan dengan negara sahabat.

Sementara itu, dari sisi hubungan internasional Laksamana Yudo mampu merangkul negara-negara di kawasan dan dipercaya dalam menjaga stabilitas regional bahkan internasional.

Baca Juga: Sebelum Terlambat, Kenali 5 Stadium Penyakit Gagal Ginjal Kronis Beserta Gejalanya

Halaman:

Editor: Nurcholis Anhari Lubis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X