BPOM Musnahkan Ratusan Ribu Obat Sirup yang Tercemar Etilen Glikol dan Dietilen Glikol

- Rabu, 7 Desember 2022 | 10:25 WIB
Ratusan ribu obat sirup yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dimusnahkan oleh BPOM. (Foto: BPOM)
Ratusan ribu obat sirup yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dimusnahkan oleh BPOM. (Foto: BPOM)

JAKNET -- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memusnahkan sedikitnya 223.560 ribu botol obat sirup yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) atau tercemar senyawa Etilen Glikol dan Dietilen Glikol di Kantor Pusat Pengelola Pemusnahan PT Wastec International, Cilegon, Banten, Selasa, 6 Desember 2022.

Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito mengatakan, pemusnahan dilakukan terhadap semua produk obat sirup hasil penarikan dari peredaran maupun yang masih dalam persediaan, termasuk untuk bahan baku pelarut yang tidak memenuhi syarat. Pemusnahan disaksikan petugas BPOM dan didokumentasikan dalam Berita Acara Pemusnahan.

“Sudah menjadi kewajiban bagi industri farmasi untuk melakukan penarikan produk obat yang telah terbukti Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dari titik-titik fasilitas peredaran, dengan diawasi oleh BPOM. Setelah itu, produk yang ditarik dimusnahkan untuk memastikan produk tersebut tidak beredar lagi,” katanya.

Baca Juga: Marak Kejahatan Siber, Ini Tips Menghindari Penyalahgunaan Data Pribadi

Penny merinci ada 3 jenis produk Unibebi yang dimusnahkani, yakni Unibebi Cough Sirup kemasan botol plastik @60 ml dengan Nomor Izin Edar (NIE) DTL7226303037A1, Unibebi Demam Sirup kemasan botol @60 ml dengan NIE DBL8726301237A1, dan Unibebi Demam Drops kemasan botol @15 ml dengan NIE DBL1926303336A1.

Lebih lanjut, Kepala BPOM menyebut pihaknya terus menelusuri sumber bahan baku pelarut yang digunakan dalam proses produksi, serta melakukan intensifikasi surveilans mutu melalui sampling dan pengujian berbasis risiko terhadap bahan baku pelarut maupun produk obat sirup.

“Dari hasil sampling dan pengujian berbasis risiko, ditemukan obat sirup PT UPI mengandung cemaran EG/DEG melebihi ambang batas aman (600-997 kali di atas ambang batas aman,” ujarnya.

Baca Juga: Sudah Dizinkan Kembali Beredar oleh BPOM, Berikut Daftar Lengkap 172 Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi

Hasil pengujian ketiga produk tersebut mengandung cemaran EG/DEG jauh melebihi ambang batas aman. Sebut saja Unibebi Cough Sirup memiliki kadar EG/DEG sebanyak 111,0125 mg/mL atau 890x di atas ambang batas aman asupan harian/Tolerable Daily Intake (TDI). 

Halaman:

Editor: Nurcholis Anhari Lubis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X